Uni Sepak Bola Eropa

Diposting pada

Yalla Shoot – Uni Sepak Bola Eropa (bahasa Inggris: Union of European Football Associations, akronim UEFA, /juːˈeɪfə/ ew-ay-fə; bahasa Perancis: Union des Associations Européennes de Football; bahasa Jerman: Vereinigung Europäischer Fußballverbände) adalah badan administratif dan pengatur sepak bola Eropa, walaupun sejumlah anggota memiliki wilayah di Afrika dan Asia. Badan ini merupakan salah satu berasal dari enam konfederasi benua berasal dari badan sepak bola dunia FIFA. UEFA terdiri berasal dari 54 anggota asosiasi nasional.

UEFA merupakan salah satu asosiasi sepak bola nasional Eropa, mobilisasi kompetisi klub dan negara termasuk Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA, Liga Champions UEFA, Liga Eropa UEFA, dan Piala Super UEFA, menyesuaikan semua peraturan, hak siar media, dan juga hadiah saat adanya kompetisi.

Hingga th. 1959 markas utama berlokasi di Paris saat organisasi ini ubah ke Bern. Pada th. 1995, Markas UEFA dipindahkan ke Nyon, Swiss. Henri Delaunay adalah Sekretaris Jendral pertama dan Ebbe Schwartzpresiden pertama. Presiden saat ini adalah mantan pemain sepak bola berasal dari Perancis, Michel Platini.

Sejarah dan keanggotaan

Henri Delaunay, Sekjen pertama UEFA
UEFA didirikan terhadap tanggal 15 Juni 1954 di Basel, Swiss setelah konsultasi antar asosiasi Italia, Perancis, dan Belgia. Awalnya, uni sepak bola Eropa terdiri berasal dari 25 anggota yang jumlahnya dua kali lipat terhadap awal 1990-an. Sebagian besar keanggotaan UEFA meraih pernyataan sebagai negara berdaulat di Eropa, walaupun ada lebih dari satu pengecualian. Beberapa negara kecil, (seperti Kota Vatikan) tidak juga di dalam anggota. Beberapa anggota UEFA bukan negara yang berdaulat, tapi merupakan anggota berasal dari negara berdaulat yang telah dianggap oleh konteks hukum internasional. Sebagai contoh: Inggris dan Skotlandia, (bagian berasal dari Inggris Raya) atau Kepulauan Faroe, (bagian berasal dari negara Denmark). Namun, di dalam konteks ini kegunaan pemerintah negara terkait bersama dengan olahraga cenderung dikerjakan di tingkat wilayah yang berbatasan bersama dengan entitas keanggotaan UEFA. Beberapa anggota UEFA adalah negara benua, (seperti Turki and Rusia). Beberapa negara di Asia juga mengaku sebagai asosiasi sepak bola Eropa, khususnya Israel dan Kazakhstan, yang telah jadi anggota Konfederasi Sepak Bola Asia. Selain itu lebih dari satu asosiasi anggota UEFA memungkinkan tim berasal dari luar wilayah utama asosiasi mereka untuk turut ambil anggota di dalam kompetisi “domestik” mereka sendiri. Monako, sebagai contoh, mengambil alih anggota di dalam Liga Perancis (meskipun entitas yang berdaulat terpisah); Klub Cardiff City dan Swansea City berpartisipasi di dalam Liga Inggris; Berwick Rangers, yang berlokasi di Inggris, bermain di Liga Sepak Bola Profesional Skotlandia dan Derry City, yang berlokasi di Irlandia Utara, bermain di Liga Irlandia yang berbasis di Republik Irlandia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *