Tips Menjaga dan Merawat Mobil Anda

Diposting pada

Suzuki Mobil – Jika Anda memiliki akses ke mobil ketika tinggal di rumah, kemungkinan orang tua Anda akan mengurus pemeliharaannya atau menawarkan pengingat kapan harus membawanya untuk dinas. Ketika Anda sendirian, perawatan mobil menjadi tanggung jawab Anda. Ya, itu bisa mahal dan memakan waktu, tetapi investasi yang Anda lakukan hari ini akan menghemat uang Anda di jalan.

Jangan seperti 1/3 mahasiswa yang mengganti oli mereka kurang dari dua kali setahun karena mereka lupa melakukannya. Mobil Anda tidak akan dengan ajaib mengurus dirinya sendiri. Biasakan perawatan mobil biasa dan berhenti mengandalkan orang tua Anda untuk mengingatkan Anda agar ban Anda dirotasi atau oli Anda berubah.

Di bawah ini kami membawa Anda melalui beberapa hal mendasar yang harus Anda lakukan untuk memastikan mobil Anda tetap dalam kondisi prima.

Setiap Pengisian Lain, Lakukan Tiga Hal Ini

Daripada berdiri di pompa bensin dan membaca iklan untuk kartu kredit sambil menunggu tangki Anda untuk diisi, gunakan waktu itu untuk memberi mobil Anda pemeriksaan cepat (dan pembersihan) dengan melakukan tiga tugas sederhana:

1. Kaca depan bersih.

Kaca mobil yang kotor dan berlubang adalah bahaya keamanan, karena mengaburkan pandangan Anda tentang jalan. Jadi berikan ini pembersihan rutin. Dengan menggunakan bagian spons squeegee pompa bensin, rendam seluruh kaca depan dengan cairan pembersih. Kemudian tarik squeegee dengan kencang dari tengah kaca depan ke samping, finishing sisa goresan dengan menariknya dari atas ke bawah. Hal ini terutama penting setelah drive yang diperpanjang di jalan raya ketika kaca mobil Anda penuh dengan bangkai serangga dan menggunakan cairan pencuci dan wiper mobil Anda untuk menghapusnya hanya menciptakan kekacauan besar, kotor yang mengaburkan garis pandang Anda bahkan lebih.
Jika lampu depan Anda kotor, beri juga squeegeeing.Wiper Anda memiliki peran untuk bermain menjaga kaca depan bersih juga, tetapi kami akan membicarakannya akhir pekan ini.

2. Periksa tekanan ban.

Mempertahankan tekanan ban yang tepat akan membuat Anda tetap aman dan bahkan menghemat sedikit adonan. Ban yang digelembungkan dengan tidak benar – dan ini bisa berarti terlalu tinggi atau kurang digemari – jangan tangani atau hentikan serta ban dengan tekanan yang benar. Mereka juga meningkatkan peluang Anda untuk meledak. Ditambah lagi, ban dengan tekanan yang benar memiliki umur yang lebih panjang dan meningkatkan efisiensi bahan bakar Anda.

Anda akan sering menemukan tekanan ban kendaraan yang disarankan pada stiker di dalam pintu samping pengemudi. Produsen mobil menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan nomor ini, dan inilah yang harus Anda gunakan.

Tekanan ban adalah sesuatu yang harus Anda waspadai, karena ia selalu berubah ketika ban memasuki mil dan suhu berfluktuasi. Itulah mengapa sangat penting untuk memeriksanya secara teratur dan menambahkan udara saat diperlukan. Beberapa ahli mengatakan Anda harus melakukan ini pada setiap pengisian gas, tetapi seperti halnya dengan pemeriksaan minyak, setiap pengisian lainnya harus cukup untuk menangkap segala kekurangan sebelum menjadi masalah besar.

Memeriksa tekanan ban Anda membutuhkan waktu kurang dari dua menit. Berikut cara melakukannya:

• Untuk pembacaan yang akurat, selalu periksa tekanan ban saat ban Anda “dingin”, yaitu sebelum Anda menyetir. Saya hanya memeriksa tekanan ban saya di pom bensin ketika saya mengisi bensin yang kurang dari satu mil dari rumah saya, hal pertama di pagi hari. Jika Anda sudah mengemudi untuk sementara, biarkan ban “beristirahat” setidaknya selama empat jam sebelum memeriksa tekanan.

• Cari tahu tekanan ban yang direkomendasikan untuk mobil Anda (ada di manual pemilik Anda dan di panel di dalam pintu samping pengemudi, seperti gambar di atas). Selalu isi ban sampai tingkat yang direkomendasikan ini, apa pun merek ban, dan jangan sampai PSI maks yang ditemukan di dinding ban – angka itu menunjukkan tekanan maksimum yang dibutuhkan ban untuk membawa beban terberatnya, bukan PSI ideal ban.

• Periksa tekanan ban dengan pengukur tekanan ban

• Isi bila diperlukan

3. Periksa level oli dan top off sesuai kebutuhan.

Oli motor sangat penting untuk performa mobil Anda. Tugas terpentingnya adalah melumasi semua bagian yang bergerak di mesin Anda sehingga mereka tidak menggiling dan menghancurkan diri sendiri menjadi disfungsi. Ini juga mentransfer panas dari siklus pembakaran dan perangkap dan menahan semua hasil sampingan yang buruk dari pembakaran, mengirimnya ke filter oli. Jika mesin Anda tidak memiliki cukup minyak, mobil Anda berisiko akan rusak.

Untuk memastikan mobil Anda selalu memiliki cukup minyak, penting untuk membiasakan memeriksanya secara rutin. Panduan pemilik Anda mungkin menyarankan Anda melakukan ini di setiap pengisian gas, tetapi setiap lainnya biasanya cukup. Memeriksa level oli mobil Anda sangat mudah. Yang Anda butuhkan adalah handuk kertas bersih, cahaya yang cukup, dan sekitar tiga menit. Anda harus menyimpan pekerjaan ini untuk yang terakhir karena Anda harus menunggu sekitar lima menit setelah Anda mematikan mesin agar oli mengalir kembali ke panci:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *