Optimisasi Luar-Situs (SEO Off-Site)

Diposting pada

Tempat Belajar SEO Pemula – Optimisasi Luar-Situs (SEO Off-Site) adalah proses di mana Anda melaksanakan peningkatan nilai (popularitas) terhadap faktor-faktor di luar situs Anda yang pengaruhi peringkat halaman situs Anda cocok kata kunci yang Anda bidik.

Mengapa perihal yang di luar situs jadi mutlak bagi mesin pencari?

Bayangkan era old school dahulu terhadap sementara penentuan ketua kelas melalui pemungutan suara semua murid di kelas. Dari 3 kandidat terpilih, semua murid menuliskan pilihan mereka di atas secarik kertas. Murid A pilih kandidat no.1, murid B pilih kandidat no. 3, dan seterusnya. Setelah semua kertas terkumpul, maka dibacakanlah semua mengisi kertas tersebut. Diantara ketiga kandidat ketua kelas itu, siapa yang mencapai suara (pilihan/vote) terbanyak dan disetujui oleh bapak/ibu guru, maka dialah yang berhak jadi ketua kelas.

Suara/pilihan/vote di dalam penentuan ketua kelas di atas di dalam SEO disebut juga dengan backlink (tautan balik).

Backlink
Definisi backlink versi Wikipedia Bahasa Inggris (diterjemahkan ke bhs Indonesia):

“Backlink, juga dikenal sebagai link masuk, inbound link, inlink, dan link balik (atau tautan-balik), adalah link (atau tautan) yang masuk ke sebuah situs situs atau halaman web. Dalam terminologi basic link, backlink adalah link apa-pun yang diterima oleh sebuah node situs (halaman web, direktori, situs situs atau domain tingkat atas) berasal dari node situs lain.
Inbound link yang awalannya mutlak (sebelum munculnya search engine) sebagai basic navigasi web; hari ini, kepentingannya terletak terhadap peringkat berasal dari search engine optimization (SEO). Jumlah dan kualitas backlink adalah keliru satu indikasi popularitas atau pentingnya situs atau halaman (misalnya, ini digunakan oleh Google untuk pilih PageRank berasal dari halaman web). Di luar SEO, backlink halaman situs kemungkinan kepentingan pribadi, budaya atau semantik signifikan: mereka memperlihatkan siapa yang membawa dampak perhatian ke halaman tersebut.”
Itulah definisi berasal dari Wikipedia. Memang awalannya agak membingungkan bagi yang baru mempelajari mengenai apa itu SEO Off-site. Maka untuk lebih jelasnya kita analogikan ilustrasi penentuan ketua kelas tadi dengan arti tautan atau backlink ini.

Sekarang bayangkan tersedia 3 buah situs situs paling baik berasal dari sisi harga dan kualitas pelayanan yang sama-sama memasarkan umroh. Ketiga situs itu adalah situs punya Anda, situs punya saya, dan situs punya orang ketiga tak dikenal. Karena ketiga situs itu memiliki mengisi yang berkwalitas maka banyak situs-situs lainnya menaut-balik (backlinking) ke ketiga situs tersebut. Katakanlah situs Anda mendapat tautan balik berasal dari situs situs komunitas umroh dan haji di Sumatera. Situs aku banyak mendapat tautan balik berasal dari situs situs blog-blog pemerhati umroh, dan situs orang ketiga tak dikenal mendapat banyak tautan balik berasal dari situs situs forum-forum komunitas pengajian Islam.

Analogi dengan penentuan ketua kelas melalui pemungutan suara sebelumnya, maka untuk pilih siapa yang jadi no satu untuk pencarian kata umroh 2017 misalnya, Google dapat menghitung jumlah dan kualitas backlink atau tautan balik (analogi dengan suara atau vote semua murid) ke ketiga situs umroh tersebut. Setelah perhitungan kualitas dan jumlah backlink berikut selesai (ditambah dengan faktor-faktor lainnya berasal dari tiap-tiap situs umroh berikut yang juga diperhitungkan Google), maka Google barulah dapat pilih situs mana yang jadi no 1, no 2, no 3, dan seterusnya di hasil pencarian kata kunci umroh 2017. Sama persis dengan mekanisme penentuan ketua kelas yang sudah diilustrasikan sebelumnya.

Dari analogi di atas dapat dipahami bahwa peningkatan nilai luar-situs (atau popularitas) situs/halaman situs Anda dijalankan dengan membangun atau beroleh backlink berasal dari situs-situs lain (di luar situs Anda) yang menaut (me-link) ke situs/halaman situs Anda tersebut. Situs penaut dengan otoritas tinggi dan memiliki kategori yang serupa dengan situs situs Anda, dapat beri tambahan nilai SEO offs-iteyang tinggi dibandingkan dengan yang selainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *