Memilih dan Membeli Notebook dengan Bijak dan Tepat

Diposting pada


Sewa Notebook – Saat ini banyak sekali merk-merk notebook yang beredar di pasaran, baik merk-merk local maupun luar, dengan bermacam fitur-fitur yang ditawarkan oleh merk-merk tersebut. Pastinya dapat membingungkan bagi Anda yang masih pemula atau baru pertama kali dapat belanja notebook. Pada kesempatan ini aku dapat membagi sebagian petunjuk yang mungkin mampu menjadi bahan pertimbangan bagi Anda, sehingga Anda mampu memilih notebook apa yang sesuai dengan keperluan Anda.

Sebelum Anda belanja notebook, memperhatikan hal-hal dibawah ini :

1. Garansi Resmi atau PI (Paralel Import)

Sebelum Anda dapat belanja notebook, kamu putuskan dahulu mau belanja product yang bergaransi Resmi atau PI (Paralel Import)/ BM (Black Market) alias Garansi toko. Garansi Resmi yakni garansi yang diberikan oleh suatu Perusahaan yang memegang hak/wewenang (Authorized) terhadap suatu merek product dan didistribusikan lewat dealer-dealer yang ditunjuk untuk menjajakan product mereka (Authorized Dealer). Garansi PI adalah garansi yang diberikan oleh toko yang menjajakan suatu merek product khusus kepada pembeli.

Lalu apakah notebook yang bergaransi PI tidak bagus? Tidak juga. Hanya saja kita tidak paham dengan jelas, apakah barang selanjutnya kondisinya 100% baru/ tidak, bukan barang refurbish (daur lagi / kanibal an) dan lagi garansi berasal dari pihak penjaja apakah semua bagian notebook di garansi / tidak, adakah jaminan secara tertera bukan hanya janji manis berasal dari mulut penjaja saja. Mengingat spare part notebook yang harganya mahal. (Garansi Resmi umumnya semua part digaransi; kecuali software, baterai dan adaptor) bahkan ada sebagian vendor yang berani garansi baterai dan adaptor.

2. Deskripsikan Kebutuhan Anda

Tentukan dahulu keperluan pemanfaatan notebook yang ingin kamu membeli nanti, dapat digunakan untuk apa saja? Misalkan : andaikan kamu mebutuhkan notebook selanjutnya untuk design, edit gambar atau mungkin untuk bermain games 3D, maka kamu dapat memerlukan notebook yang memiliki spesifikasi (Prosesor, Memory dan Kartu Grafis) yang baik dengan sekurang-kurangnya Memory 2GB, Kartu Grafis yang terpisah alias dedicated,misalkan yang mengfungsikan NVidia Geforce/ ATI Radeon dengan sekurang-kurangnya memori grafiknya 256MB. Serta kudu didukung dengan Prosesor setidaknya Core 2 Duo atau Core i sehingga performance yang dihasilkan mampu baik. Tentunya makin tinggi Spesifikasi nya dapat makin baik.

Lain halnya kecuali keperluan pemanfaatan kamu hanya untuk office saja, dalam makna penggunaanya hanya untuk pekerjaan yang gampang – gampang saja. Maka baik notebook dengan spesifikasi yang standard saja, maupun netbook sudah mampu menolong keperluan anda.

3. Ukuran Layar

Salah satu perbedaan mendasar pada Notebook dengan Dekstop PC yaitu Mobilitas. Salah satu target orang mengfungsikan notebook untuk mobile alias mampu dengan gampang dibawa kemana saja. Berbeda dengan Dekstop PC yang susah untuk dibawa-bawa.

Bila kamu tidak punya masalah dengan berat notebook maka kamu tinggal memilih besaran layar yang kamu diinginkan sesuai dengan keperluan anda. Untuk notebook yang berlayar kecil memang nyaman untuk dibawa-bawa (mobile) tetapi kecuali untuk mengetik / kerja lama (misalkan 2-3 Jam)  tentunya dapat melelahkan mata kita. Dan sebaliknya dengan notebook yang berukuran besar kita dapat lebih nyaman kecuali kita mengetik/ kerja lama didepan notebook, hanya saja dapat lebih berat untuk dibawa.

4. Baterai

Baterai merupakan tidak benar satu komponen vital dalam sebuah barang elektronik. Sama halnya dengan gadget lainnya layaknya Handphone, MP3 Player, PDA, dan sebagainya; energi tahan baterai memegang kegunaan yang penting. Tentunya kamu tidak ingin kenyamanan kamu terganggu sebab baterai yang cepat habis bukan? Nah, sebaiknya disaat kamu dapat belanja notebook, tanyakan lah dahulu kepada penjualnya berapa lama baterai notebook selanjutnya mampu bertahan. Jangan benar-benar cepat percaya dengan iming-iming baterai yang mampu bertahan lama. Karena umumnya info yang diberikan berkenaan energi tahan baterai, yakni energi tahan baterai up to (perkiraan) / standbay. Tetapi nyatanya disaat kita mengfungsikan belum tentu sesuai.

Daya tahan baterai umumnya ditentukan berasal dari jumlah cellnya, 3cell, 4cell, 6cell, 8cell, dan sebagainya. Semakin besar jumlah cellnya tentu saja dapat makin tahan lama. Tetapi kudu diperhatikan cara pemanfaatan kita termasuk kan memengaruhi cepat/ lambatnya habis baterai tersebut.  Seperti pemanfaatan untuk edit gambar, games, play dvd di cdrom; bluetooth, camera, 3G Modem yang aktif; brightness layar. Dan termasuk ukuran layar makin besar tentu saja dapat mebutuhkan power yang lebih besar juga.

5. Referensi

Yang paling akhir tetapi tak kalah penting. Mintalah referensi berasal dari si penjual, brand dan model apakah yang sesuai dengan keperluan anda. Juga minta referensi berasal dari teman, saudara dan kerabat kamu yang sudah pernah menggunakan brand tersebut. Dan termasuk carilah sebanyak-banyaknya Info berkenaan product yang dapat kamu membeli berasal dari dunia maya dan surat kabar.

Demikianlah sebagian petunjuk yang mampu aku bagikan bagi kamu calon kastemer notebook. Semoga kamu mampu memilih notebook yang kamu ingin dengan bijak, tepat dan sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *