Lebih Unggul daripada Akuarium, Perhatikan dengan Jeli Bagaimana Cara Merawat Kolam Ikan

Diposting pada

Memelihara ikan adalah keliru satu kegiatan menggembirakan yang dapat dicoba. Memelihara ikan pasti agak tidak serupa jikalau dibandingkan bersama pelihara hewan vertebrata. Alasannya, alokasi daerah yang dibutuhkan tidak benar-benar menyulitkan. Di meletakkan di mana saja juga dapat asalkan aman.

Namun pas pelihara ikan tidak dapat demikian. Ikan memerlukan daerah khusus yang sekaligus dapat menampung air dan dirinya. Berdasarkan jenisnya, ada 2 jenis yang dapat menampungnya, yaitu akuarium dan kolam.

Yang terakhir, kolam, kebanyakan lebih rumit perawatannya. Namun pelihara ikan dan meletakkannya di kolam punyai energi tarik yang lebih tinggi. Orang yang melihatnya akan menilai Anda punyai selera yang cukup tinggi. Selain kesan yang ditinggalkan, memilih kolam ketimbang akuarium juga punyai keunggulan berupa dapat menampung ikan lebih banyak.

Saat mengambil keputusan memilih kolam sebagai hunian ikan peliharaan Anda, jangan lupa memelihara kebersihannya. Hal ini pasti benar-benar mutlak gara-gara kolam yang bersih pasti akan benar-benar berikan dampak bagi tumbuh kembang ikan. Berikut ini akan diulas sejumlah cara memelihara kolam ikan. Apa saja ya kira-kira?

1. Rutin Menguras Kolam Ikan

Merawat kolam ikan pasti saja jangan lupa untuk rutin mengurasnya. Ada beberapa cara simple yang dapat dicoba saat menguras kolam. Pertama, pindahkan tumbuhan-tumbuhan yang berada di kolam ikan. Lakukan perihal ini saat air sudah berkurang banyak.

Lalu, pindahkan ikan-ikan kesayangan saat ketinggian air tinggal 10 sampai 20 centimeter. Hal ini mutlak untuk dilakukan agar ikan tidak stress dan kurangi tenaga pas menangkapnya.

Biarkan kolam ikan mengering oleh cahaya matahari, sesudah itu baru isikan kembali. Gunakan air bersih yang berasal dari pompa air memiliki kwalitas agar kesehatan ikan Anda lebih terjamin.

Baca Juga : Cat Kolam

2. Pasang filter Sesuai Ukuran

Filter dapat membantu memelihara kolam ikan gara-gara alat ini dapat kurangi kotoran yang terlihat di kolam ikan. Ukuran filter kudu sesuai bersama kolam agar kualitas penampungannya memadai. Selain itu, jangan lupa menyalakan aerator dalam filter agar kolam tidak keruh dan sirkulasi hawa terjaga bersama baik.

Jangan lupa juga untuk bersihkan filter dan pompa setidaknya sekali dalam seminggu agar selamanya bersih. Periksa apakah ada rusaknya dalam filter jikalau menyaksikan ada sesuatu yang ganjil.

3. Periksa Kolam Setiap Saat

Salah satu perihal yang kudu diperhatikan adalah menyaksikan apakah ada kotoran yang masuk ke dalam kolam. Kotoran tersebut dapat beraneka macam menjadi dari daun sampai sampah plastik.

Untuk membersihkannya, gunakan alat semacam gayung kecil jikalau agak jauh letaknya dan mutlak tidak mengganggu kegiatan ikan. Jangan lupa cuci tangan sesudah dan sebelum saat bersihkan kolam ikan.

4. Pelihara Ikan yang Dapat Memakan Kotoran

Ada beberapa jenis ikan yang dapat memakan kotoran-kotoran kecil seperti ikan sapu-sapu dan Chinese Algae Eater. Walaupun tidak begitu besar, ikan-ikan semacam ini dapat cukup membantu bersihkan kotoran yang berada di kolam.

Ikan-ikan pemakan kotoran-kotoran kecil dapat kamu punyai bersama berkunjung ke toko-toko ikan terdekat.

Itulah sejumlah cara dalam memelihara kolam ikan. Nah untuk menerapkan begitu banyak ragam tips di atas, pasti saja Anda memerlukan pompa air yang bagus. Pasokan air bersih benar-benar mutlak untuk memelihara dan bersihkan kolam ikan kesayangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *