Hukum Melaksanakan Ibadah Umroh

Diposting pada

Umroh Plus Turki Desember – Hukum jalankan ibadah umroh adalah sunna yang diwajibkan, sebagaimana Firman Allah swt dalam Q.S Al-Baqarah 196 :

“Dan sempurnakanlah Ibadah Haji dan Umroh karena Allah …… “

Keutamaan Ibadah Umroh

Ibadah umroh merupakan sebuah alternatif bagi mereka yang belum diberikan kesempatan untuk berhaji ke tanah suci. Terlebih ulang bagi masyarakat Indonesia, proses kuota memicu antrian untuk menunaikan ibadah Haji cukup lama.

Meski bukan yang paling utama, ibadah Umroh tidak kalah istimewanya bersama dengan Haji. Berikut ini adalah penjelasan berkenaan keutamaan ibadah Umroh.

1. Ibadah Umroh yang Satu kepada Umroh Berikutnya Adalah Kaffaroh atau Penghapus Dosa
Allah swt bakal menghapus dosa-dosa kita salah satu pelaksanaan umroh yang satu bersama dengan umroh berikutnya. Sederhananya begini, kalau 3 tahun lalu kita udah jalankan ibadah umroh, sesudah itu tahun depan diberi kesempatan ulang untuk jalankan ibadah Umroh. Maka dosa-dosa salah satu ke-2 pas berikut dosa kita bakal diampuni oleh Allah swt.

2. Umroh Adalah Jihad untuk Para Wanita dan Orang yang Lemah
Untuk para kaum wanita serta untuk mereka yang lemah fisiknya pada masa Rasulullah saw, tidak dapat turut untuk berjihad atau berperang di jalur Allah swt. Namun mereka masih dapat beroleh fadillah pahala jihad bersama dengan cara jalankan ibadah Umroh di tanah suci.

3. Jamaah Umroh Adalah Tamu-Tamu Allah yang Doanya Dikabulkan
Ibadah Haji dan Umroh menjadi sebuah ibadah yang benar-benar istimewa karena orang yang datang ke tanah suci untuk jalankan ibadah berikut merupakan tamu Allah swt sehingga apa yang diminta oleh sang tamu maka bakal dikabulkan oleh Allah swt. Ini merupakan tidak benar satu keunggulan ibadah umroh di tanah suci.

4. Wafat Saat Menjalankan Ibadah Umroh Pahalanya Dicatat Sampai Hari Kiamat
Keutamaan orang yang wafat dalam pelaksanaan ibadah haji dan umroh, serta keutamaan orang yang wafat dalam situasi berihram bakal beroleh anugerah pahala yang benar-benar luar biasa dan dicatat sampai hari kiamat.

5. Ibadah Umroh Bisa Menghilangkan Kefakiran
Jika kita memandang saudara kita yang udah pulang dari tanah suci maka bakal muncul kehidupannya bakal makin lama lebih baik dari pada yang sebelumnya, rezekinya bakal terus mengalir dan keluarganya jadi tambah berkah, itulah tidak benar satu keutamaan orang yang jalankan ibadah haji dan umroh. Tentunya hal berikut dapat tercapai kalau Anda menjalani ibadah haji dan umroh cocok bersama dengan syariat islam.

6. Menghapus Dosa Antara Dua Umroh

Sholat di masjid Quba mempunyai keutamaan yang benar-benar luar biasa. Menurut hadist Nabi Muhammad saw yang diriwayatkan oleh Abu bin Sahl Hunaif, ia pernah mendengar rasulullah saw bersabda.

” Barangsiapa bersuci dirumahnya, kemudia berkunjung ke Masjid Quba, lalu ia sholat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umroh.” (HR. Tirmizi No. 298, Ibnu Majah No. 1401)

Masjid Quba ini letaknya di luar kota Madinah. Jadi mengingat keutamaan sholat di Masjid Quba benar-benar luarbiasa. Maka kalau kita udah berada di Madinah dalam rangka mobilisasi ibadah Haji atau Umroh, jangan lupa untuk jalankan sholat di Masjid Quba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *