Cara Merawat Helm Agar Tetap Awet

Diposting pada

Salah satu alat pelindung utama saat bepergian bagi pengendara motor ialah helm. Helm akan menjaga kepala Anda dari benturan-benturan yang tidak diharapkan. Maka dari itu Anda harus merawat helm yang Anda miliki dengan baik dan tepat agar helm tetap dalam kondisi baik saat digunakan, dan helm yang dimiliki akan tetap prima serta bisa memberi rasa aman saat dipakai.

Banyak orang yang acuh akan perawatan helmnya. Beberapa alasan diantaranya ialah tidak punya waktu luang sampai dengan harga helm yang murah jadi jika rusak tinggal beli penggantinya. Seperti halnya helm Gix yang bisa Anda peroleh mulai dari harga paling murah hingga yang termahal tentu dengan kualitas yang sebanding dengan harga yang ditawarkan. Padahal helm sebagai pelindung kepala seharusnya membuat Anda merawatnya dengan baik dan tepat. Berikut tips dan cara merawat helm agar awet dan tahan lama.

Permasalahan bagi Anda yang sudah berniat untuk merawat helmnya adalah seringkali Anda tidak mengetahui cara merawat helm yang tepat sehingga terkesan asal-asalan dalam membersihkan helm dan menganggap bahwa perawatan yang dilakukan sudah cukup baik. lihat harga helm gix 2019

Minimnya informasi mengenai tips dan cara merawat helm yang Anda terima bukan tanpa alasan. Hal ini disebabkan untuk mendapatkan langkah-langkah perawatan helm yang baik butuh pengalaman dan juga butuh feel. Sehingga tidak semua orang tahu pasti cara merawat helm yang benar. Oleh karenanya tak sedikit orang yang sering mengabaikan perawatan helmnya. Di bawah ini tutorial perawatan helm yang dapat Anda manfaatkan.

Menjaga Kebersihan Helm

Salah satu perawatan yang wajib Anda lakukan pada helm ialah dengan menjaga kebersihannya. Sebelum dan sesudah menggunakan helm, Anda harus memastikan dulu kebersihannya. Bersihkan debu yang menempel di kaca helm terutama setelah penggunaan saat hujan. Bersihkan debu-debu yang menempel di bagian luar helm. Saat akan memakai helm, pastikan kondisi rambut Anda dalam keadaan kering, karena apabila kondisi rambut Anda basah maka hal ini akan berpotensi menyebabkan helm Anda menjadi bau.

Menjaga Kekeringan Helm

Ketika Anda mengenakan helm saat hujan biasanya helm Anda juga akan menjadi basah. Apalagi ketika Anda memarkir helm saat hujan maka helm akan basah. Agar tidak bau dan untuk menjaga ketahanan maka helm harus segera dikeringkan. Caranya; lepaskan busa helm dan angin-anginkan. Jika Anda memiliki hairdryer maka Anda bisa menggunakannya agar proses pengeringannya lebih cepat.

Memperhatikan Penyimpanan Helm

Menyimpan helm pun tidak boleh sembarangan. Beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya jangan menyimpan helm di tempat lembab karena akan menimbulkan jamur dan menjadi tempat berkembangnya bakteri jahat. Jangan simpan helm di tempat yang terpapar sinar matahari langsung yang akan membuat cat helm Anda mudah rusak. Oleh karenanya simpan helm di tempat kering dan tidak terkena cahaya matahari langsung.

Pewangi Pada Helm

Agar helm Anda tetap nyaman dipakai maka berilah pengharum khusus helm yang sudah banyak beredar. Gunakan pengharum yang akan bermanfaat pula mencegah tumbuhnya jamur atau perkembangbiakan bakteri pada helm Anda.

Rutin Mencuci Helm

Rutin mencuci helm bertujuan untuk mencegah bau pada helm serta menghilangkan bakteri-bakteri di helm Anda. Anda bisa memakai jasa pencucian helm atau mencucinya sendiri. Apabila Anda tertarik untuk mencuci sendiri helm Anda maka Anda bisa mencoba tips dan cara mudah yang dalam mencuci helm agar tidak lagi ada bau yang tidak sedap di helm Anda. Anda dapat mencucinya dan dengan segera mengeringkannya guna mencegah adanya jamur dan bakteri. Anda pun bisa mempelajari cara mencuci helm yang benar dari platform berbasis internet sehingga Anda tak perlu repot-repot menggunakan jasa pencucian helm dan merelakan sebagian pendapatan Anda untuk sesuatu yang bisa Anda kerjakan sendiri.

Itulah sedikit informasi tentang tips dan cara merawat helm agar awet. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa membantu menjaga daya pakai helm Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *